Wednesday, January 7, 2009

Sebanyak 1.300 Muslim Ditahan di China

Beijing, TRIBUN- China menahan hampir 1.300 orang atas tuduhan terorisme, ekstremisme agama atau tindakan keamanan lain di wilayah Xinjiang, China barat, yang berpenduduk mayoritas Muslim, tahun lalu, kata pers pemerintah, Minggu (4/1) Daerah gurun luas yang berbatasan dengan Asia Tengah itu adalah tempat tinggal lebih dari delapan juta anggota etnik Uighur China Muslim, yang mengeluh selama puluhan tahun karena penindasan agama dan politik.
Surat kabar The Procuratorial Daily memberitakan penahanan itu dilakukan ketika pemerintah "mempertahankan kestabilan sosial" sebagai satu prioritas tahun lalu, ketika Beijing menjadi tuan rumah Olimpiade Agustus 2008.
Gelombang kerusuhan, yang beberapa kali mengakibatkan aksi kekerasan, meletus di Xinjiang menjelang Olimpiade itu.

Menurut laporan pers pemerintah, kerusuhan itu banyak dilakukan oleh kelompok Uighur, yang ingin mendirikan sebuah negara.

Surat kabar itu melaporkan 1.295 orang ditahan karena dituduh membahayakan keamanan negara dalam 11 bulan tahun 2008 dan 1.154 orang secara resmi didakwa dan diadili atau dikenakan hukuman administratif.

Para pejabat pengadilan diperintahkan untuk "menjatuhkan hukuman berat terhadap kelompok-kelompok terorisme, separatisme dan ekstremisme agama yang membahayakan keamanan negara", kata surat kabar itu, seperti dikutip AFP.

Bulan lalu, dua "pelaku teror" dihukum mati karena menyerang polisi empat hari sebelum Olimpiade. Mereka bermaksud menyabot Olimpiade, kata laporan pers pemerintah sebelumnya, mengutip Mahkamah Agung.

Kedua pria dihukum karena melakukan pembunuhan setelah serangan di Xinjiang yang menewaskan 17 polisi dan 15 orang lagi cedera.

Serangan 4 Agustus itu adalah yang paling buruk dalam gelombang kerusuhan di Xinjiang menjelang dan selama Olimpiade yang menewaskan lusinan orang dan China menuduh tindakan itu dilakukan kelompok separatis

6 comments:

dimana-mana kok sekarang banyak yang memusuhi umat islam ya? heran aku.

kita sebagai sesama muslim patut prihatin atas kejadian itu

dunia uda mulai tua..perang uda jadi makanan sehari-hari

iya .. seperti nggak ada makanan laen, dan menu mutakhir saat ini yang diganyang adalah umat muslim...
sedihnya....

for all moslem brothers and sisters.may Allah be with you forever.Lighting your way.

mnrt sy,, orang2 kafir thu ketakutan ma umat islam,, jd kelakuaanny over jahat.. mari qt buktikan pd dunia bhw umat islam adalh orang yg soleh

 

Home | Blogging Tips | Blogspot HTML | Make Money | Payment | PTC Review

JALAN HIDUP © Template Design by Herro | Publisher : Templatemu