Saturday, December 20, 2008

Sejuta Pekerja Terancam PHK


JAKARTA - Krisis finansial global terus memakan korban. Tahun depan, setidaknya sejuta pekerja bakal kehilangan pekerjaan. Hal tersebut disebabkan melambatnya sektor riil menyusul menurunnya pasar ekspor dan melemahnya daya beli.

Gelombang PHK besar-besaran diperkirakan terjadi di sektor industri padat karya. Misalnya, tekstil, sepatu, perkebunan, dan konstruksi.

''Tenaga kerja yang dirumahkan dari berbagai sektor usaha mencapai 500 ribu-1 juta orang. Jika ditambah pengangguran tidak langsung, bisa mencapai 1,5 juta orang. Angka itu memang lebih rendah dibanding krisis 1998 yang mencapai tiga juta orang,'' ungkap Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi di Jakarta kemarin (19/12).

Dia mencontohkan, potensi PHK di sektor konstruksi diperkirakan mencapai 150 ribu orang. Lalu, industri kayu (100 ribu orang) dan sektor persepatuan (30 ribu orang).Bahkan, saat ini sebagian industri sepatu berskala kecil serta menengah dan non-branded (tidak bermerek) sudah melakukan PHK.

Untuk sektor otomotif dan makanan-minuman, diperkirakan belum terjadi PHK. ''Mereka memilih mengurangi jam kerja atau mengurangi lembur,'' ujarnya.

Ketua Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Benny Soetrisno menuturkan, krisis finansial yang terjadi sekarang telah menyebabkan ekspansi perusahaan tertunda, produksi menurun, dan pengusaha mengurangi pegawai. Dari sektor tekstil, tenaga kerja yang terkena PHK diperkirakan 70-80 ribu orang. ''Sekarang sudah ada 30 ribuan yang dirumahkan atau di-PHK. Skenario terburuk tahun depan, pendapatan sektor tekstil turun 50 persen ( Jawapos Sabtu 20/12/08 )

Tapi semua itu hanyalah hasil pemantauan, kembali lagi k indivudu Itu sendiri, disini saya perkenankan untuk kembali memperkenalkan pada Anda Usaha Yang bisa membantu keuangan Anda... Klik pic d bawah ;)
PTC




3 comments:

makany qt lbh baek mandiri,, buka usaha sndri gt.. mari berbisnis ;) tp bisnis apa y yg menjanjikan di jaman yg tak tentu ini??

Aduh, kasian ya yang kena PHK. Sabar aja deh di zaman kek gini, yang penting usaha dan usaha. . .

kispa
 

Home | Blogging Tips | Blogspot HTML | Make Money | Payment | PTC Review

JALAN HIDUP © Template Design by Herro | Publisher : Templatemu